Hyundai Santa Fe 2018 Resmi Diperkenalkan, Ini Hal Yang Menonjol

Hyundai memperkenalkan Santa Fe ke publik kemarin (22/02) di kota Goyang, Korea Selatan. Menurut rilis resmi Hyundai yang kami terima, Santa Fe baru menggabungkan fitur canggih dengan kelegaan kabin yang intuitif. Berikut ini beberapa hal menonjol dari All New Hyundai Santa Fe 2018.

Desain Baru

Santa Fe baru mengusung bahasa desain SUV (Sport Utility Vehicle) Hyundai terbaru. Lampu utama yang terletak di bemper, plus DRL yang diposisikan di atasnya. Grille yang disebut Cascading Grille, menjadi bagian yang dominan di parasnya.

Karakter sebuah SUV ditonjolkan melalui perawakannya yang kekar berkat fender lebar serta garis bodi yang tegas di bagian samping. Bagian belakangnya masih menggambarkan desain Hyundai Santa Fe seperti yang ada sekarang, terlihat tebal. Namun lekukan di pintu bagasi lebih modern dan sporty dengan tatanan lampu baru plus bemper yang sporty.

Jauh Lebih Lebar

Secara dimensi, Santa Fe 2018 juga membesar dengan panjang yang bertambah 70 mm menjadi 4.770 mm. Lebarnya juga berubah jauh dari 1.639 mm menjadi 1.890 mm. Dan yang lebih penting wheelbase melar 65 mm menjadi 2.765 mm. Kombinasi dua hal itu yang membuat desainer Hyundai leluasa menentukan kelegaan kabin.

Hyundai mengklaim, kabin SUV ini memiliki fungsi yang sangat berkaitan dengan desain. Layout horizontalnya diklaim memberikan kelegaan bidang pandang ke depan. Tapi kelemahan Santa Fe, ruang pandang ke belakang yang terasa pas-pasan, kini diperbaiki dengan kaca belakang yang lebih besar.

Salah satu yang mereka tekankan, kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga. Santa Fe memiliki ruang kaki baris kedua yang 38 mm lebih panjang dari sebelumnya. Posisi kursi juga lebih tinggi, sehingga bidang pandang ke depan lebih luas. Untuk mengakses baris ketiga, terdapat satu tombol yang langsung melipat kursi untuk membuka jalan. Ruang kepala di bagian ini juga diperluas, sehingga tidak perlu khawatir terantuk plafon.

Karena kabin lega dan ini mobil termahal di jajaran SUV Hyundai, maka fitur sudah seharusnya lengkap. Mulai dari informasi berkendara yang tampil di heads up display yang memantul di kaca depan pengemudi, audio premium dengan kemampuan konektifitas hebat, hingga kemampuan pengisian baterai gadget nirkabel.

Mesin Baru

Aslinya, Hyundai menyediakan empat pilihan mesin bensin dan dua turbodiesel. Kami tidak membahas semuanya tapi lebih spesifik kepada mesin yang paling mungkin masuk ke Indonesia. Keduanya 2.4 MPI (bensin) dan yang lebih menggiurkan, R2.2 turbodiesel.

Kedua mesin itu sudah terpasang pada Santa Fe yang masih dipasarkan oleh Hyundai Mobil Indonesia. Santa Fe 2.4 MPI memiliki tenaga 176 PS dengan torsi 226 Nm. Sedangkan Santa Fe R2.2 punya tenaga hingga 197 PS dengan torsi 436 Nm. Mesin yang terakhir itu sukses melewati performa Mitsubishi Pajero Sport yang punya 180 PS dan 429 Nm.

Transmisi yang digunakan Santa Fe anyar, kini memiliki 8-speed dengan perpindahan otomatis, sistem penggerak AWD (All Wheel Drive) baru bernama HTRAC. Inilah inovasi baru hasil pengembangan mereka, tenaga dan torsi bisa didistribusikan sesuai kebutuhan ke masing-masing roda. Dengan HTRAC, traksi roda bisa lebih terjamin, apapun medan yang dilalui.

CHANDRA
Sales Supervisor
 0818 0749 6909
0813 9838 5432


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *